Sabtu, 16 November 2019

HIKING

Pengertian, Manfaat, Dan Tujuan HIKING


Dalam hubungan dengan sang Maha Pencipta, manusia memiliki kewajiban untuk selalu mensyukuri dan melestarikan segala bentuk ciptaan-Nya berupa alam raya yang begitu indah dan luar biasa. Salah satu bentuk rasa syukur itu adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan di alam yang bersifat positif dan memberikan sebuah pengalaman baru yang kelak dapat dijadikan cerminan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kegiatan tersebut diantaranya ialah kegiatan memanjat tebing, menyelam, arung jeram, mountain bike, paralayang, dan hiking. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pengertian, manfaat, dan tujuan hiking.

A.  Pengertian Hiking
Hiking merupakan salah satu bentuk olahraga yang dilakukan di alam terbuka, sebagai suatu aktivitas yang lebih banyak berorientasi di alam, dan tentunya merupakan sebuah kegiatan/aktivitas  yang memiliki resiko sangat tinggi. Oleh karena itu, setiap kegiatan yang dilakukan memerlukan keterampilan,  kecermatan, dan kekuatan fisik bagi setiap pelakunya.
Secara bahasa, hiking berasal dari kata kerja to hike, yang berarti berjalan kaki atau berbaris jauh untuk tujuan kesenangan atau sebagai latihan gerak badan. Kalau Kita pegang arti dari perkataan to hike tersebut, maka banyak jenis olah raga jalan kaki yang termasuk hiking. Namun pada kenyataannya, secara umum kita melihat bahwa hiking adalah suatu perjalanan kaki atau pendakian sebuah gunung  yang mengandung unsur permainan, romantika kehidupan, dan penjelajahan atau pengembaraan yang menjadi sebuah  bagian yang tidak  terpisahkan dari rangkaian petualangan , bukan hanya sekedar berjalan kaki atau berbaris jauh seperti asal arti kata dasarnya.
Menurut beberapa literatur yang berhubungan dengan pengertian hiking, tidak sedikit ahli menyatakan tentang pengertian dari hiking. Namun, secara umum dapat diartikan bahwa “hiking merupakan  aktivitas yang dilakukan di alam dengan medan/lintasan yang bervariasi, dapat dilakukan oleh semua kalangan dengan situasi dan kondisi tertentu, dilaksanakan di waktu luang untuk mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu kebugaran, kesenangan, kepuasan dan pengalaman baru”.
Kegiatan hiking yang telah dijelaskan diatas lebih tepatnya disebut sebagai kegiatan pendakian yang termasuk kedalam olahraga berat, dimana kemampuan keterampilan pelaku kegiatan dituntut untuk dapat melakukan kegiatan yang bersifat umum seperti memasak dialam, mendirikan tenda atau bivak alam, mencari sumber air maupun kegiatan yang bersifat khusus, seperti mencari jejak, survival, membaca peta dan kegiatan lainnya.

B.  Manfaat Hiking
Terdapat beberapa manfaat kegiatan hiking bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai berikut :
1.   Meningkatkan keterampilan. Pelaku kegiatan hiking dituntut untuk terampil dalam mengurus diri sendiri dan menjaga orang-orang di sekitarnya dari ancaman bahaya, baik yang datang dari alam maupun serangan binatang buas.
Pengetahuan akan sebuah keterampilan individu bukan hanya pada tataran teori saja, dalam kenyataannya keterampilan individu harus selalu dilatih dan diaplikasikan/dipraktekan dalam setiap kesempatan. Melalui kegiatan hiking ini, pelaku atau seorang pendaki memiliki kesempatan untuk dapat mengaplikasikan/mempraktekan keterampilan yang diaketahui dan dia miliki, sehingga keterampilan yang dia ketahui dan dia miliki tersebut dapat meningkat.
2.   Mendapatkan kebugaran tubuh. Dengan melakukan kegiatan hiking, tentu tubuh kita menjadi lebih sehat dan kuat. Kerana kegiatan hiking merupakan sebuah aktivitas berjalan kaki. Berjalan kaki mengikuti jalur pendakian tentu bisa menjadi latihan fisik atau latihan gerak badan yang baik untuk melatih otot-otot tubuh agar tetap bugar.
3.  Mendapat pengalaman baru. Saat melakukan kegiatan hiking, kita akan bertemu banyak hal yang tidak terduga yang pastinya akan menambah pengalaman kita. Dengan melakukan kegiatan hiking, kita akan mendapatkan pengalaman baru, baik itu pengalaman secara fisik, maupun pengalaman secara spiritual.
4.   Membina Ketahanan Mental. Ketika kita dihadapkan dengan keadaan yang membuat diri kita tertekan dan membuat emosi kita memuncak kita harus sanggung menghadapi dan mengendalikannya. Sebab, ketika berada di alam kita harus sanggup untuk menghadapi gangguan dan ancaman dari luar maupun dari dalam diri sendiri. Maka, dengan melakukan kegiatan hiking ini, secara sadar atau tidak sadar kita dapat membina ketahanan mental kita.
5. Mendapatkan Kesenangan. Ketika kita melakukan kegiatan hiking pastinya kita akan mendapatkan kesenagan tersendiri yang tidak akan mungkin kita dapatkan pada saat kita menjalankan aktivitas sehari-hari. Karena terdapat unsur rekreasi dari kegiatan ini, selain itu kita akan menemukan dan mendapatkan suasana yang baru ketika kita melakukan kegiatan hiking, mulai dari kesejukan udaranya, keindahan alamnya, dan tentunya suasana yang tenang sehingga dapat membuat otak kita fresh kembali dari kepenatan aktivitas sehari-hari,.
6. Menambah Ilmu Pengetahuan. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang akan kita dapatkan ketika kita melakukan kegiatan hiking, karena kita akan belajar tentang alam, bagaimana cara untuk bertahan hidup di alam, belajar tentang tanda-tanda alam yang muncul, belajar tentang arah mata angin, belajar tentang tanda-tanda jejak binatang liar, dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka ilmu pengetahuan kita akan bertambah dan dapat kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, kita dapat melakukan sebuah penelitian dari kegiatan ini.


C.  Tujuan Hiking
Tujuan aktivitas hiking ini turut mempengaruhi persiapan yang akan kita lakukan, jika tujuan berbeda, maka tentu saja persiapan yang dilakukan juga berbeda. Adapun tujuan diadakannya kegiatan hiking, diantaranya sebagai berikut :
1. Sebagai sarana rekreasi. Kegiatan hiking ini bersifat untuk menikmati keindahan alam dengan medan yang tidak terlalu berat atau beresiko tinggi. Unsur kegembiraan dan pelepasan penat menjadi tujuan utamanya.
2. Sebagai Media Penelitian. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui habitat tumbuhan/hewan dengan segala aspeknya. Diharapkan dengan adanya penelitian ini keanekaragaman hayati akan dapat terus dilestarikan.
3. Sebagai Petualangan. Dalam konteks ini, dibutuhkan daya juang yang tinggi, fisik yang prima, perlengkapan yang memadai dan tentunya mental yang kuat. Medan yang dilaluipun bervariasi, seperti tebing curam, jurang, rawa, savanna, sungai dan medan sulit lainnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Link Gunadarma














Diberdayakan oleh Blogger.